Lalat Jatuh Pada Minuman, Tenggelamkan, Angkat Dan Minumlah



portalberitaPernahkah Anda mendengar hadis Nabi perihal lalat? Suatu hadis di mana Nabi menyuruh para sahabat untuk menenggelamkan lalat apabila jatuh ke dalam air minum, dan kemudian membuang lalat tersebut .
“Jika ada seekor lalat yang terjatuh pada minuman kalian jadi tenggelamkan, lalu angkatlah (lalat itu dari minuman itu), lantaran pada satu sayapnya ada penyakit serta pada sayap lainnya terdapat obat. ” (HR. Al Bukhari)
Hadis itu banyak dibicarakan. Sebagian bahkan juga bertanya, kenapa Nabi Muhammad meminta lalat itu jadi dicelupkan ke dalam air minum. Bukankah lalat sering hinggap di tempat-tempat jorok, sehingga dapat menularkan penyakit?

Bagaimana penjelasan hadist ini dilihat dari sudut pandang ilmiah?

Diambil dari halaman website Dr. Zaghloul El-Nagger, seseorang professor Muslim di bagian sains, memberi penjelasan ilmiah tentang Hadist ini. Menurut El-Nagger, hadis ini berarti bahwa lalat itu membawa penyakit di salah satu sayapnya, serta obat dari penyakit tersebut di sayap yang lain.

Saat seekor lalat jatuh ke dalam wadah (makanan atau minuman), lalat itu membawa mikroba di salah satu sayapnya, juga sebagai pertahanan diri. Imam Ibnu Hajar menyampaikan dalam komentarnya perihal hadis ini bahwa salah satu ulama mencermati bahwa lalat membuat perlindungan dianya dengan sayap kiri, hingga bisa ditarik rangkuman bahwa lalat membawa obat atau penangkal di sayap kanan. Jadi bila lalat di rendam di wadah tempat ia jatuh, obat penawar itu bakal menghancurkan toksin atau mikroba dengan kehendak Allah.

Sebagian orang tidak suka dengan ide membenamkan lalat dalam makanan atau minuman. Tetapi, ini dapat diaplikasikan dalam kasus-kasus darurat. Saat, umpamanya, seorang ada di padang pasir, cuma mempunyai sedikit air atau minuman. Dalam masalah ini orang itu tak mempunyai pilihan terkecuali untuk lakukan seperti yang direferensikan oleh Nabi. Bila tak, jadi ia bakal mati kehausan atau infeksi. Bila seorang terasa jijik, jadi ia tak mesti mengerjakannya, namun ia tak mempunyai hak untuk menampik keaslian hadits ini. Hadits ini sangatlah otentik, seperti yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari.

Lalat adalah serangga yang sangatlah umum didapati. Lalat mempunyai nyaris 87. 000 spesies. Dengan cara ilmiah sudah menunjukkan bahwa lalat-lalat itu hidup di sampah serta limbah bahan organik yang memiliki kandungan beberapa besar bakteri, virus serta beragam mikroba yang lain dan kuman.

Bakteri yaitu organisme hidup yang sangatlah kecil. Mereka hidup dalam jumlah miliaran dalam satu gr tanah pertanian serta jutaan dalam setetes ludah. Dampak bakteri pada kehidupan biologis di bumi tak terbatas, tanpa ada bakteri tak ada tanaman yang dapat tumbuh, serta tanpa ada tanaman akan tidak ada kehidupan untuk manusia serta hewan di bumi. Beberapa besar bakteri tak beresiko, namun sebagian dari mereka dapat mengakibatkan beragam penyakit.

Virus, sebenarnya, yaitu asam nukleat (baik DNA maupun RNA). Allah Yang Mahakuasa berikan mereka kekuatan untuk membentengi diri mereka dengan susunan protein, untuk membuat unit terpisah yang dimaksud “virion”. Partikel virus atau “virion” mempunyai kekuatan untuk menyerang beberapa sel hidup (sel inang), menyebabkan mereka untuk membuahkan semakin banyak virus atau menghancurkan jaringan sel inang ini. Itu penyebab virus bertanggungjawab untuk munculnya beragam jenis penyakit, yang memengaruhi tanaman, hewan serta manusia.

Ada type virus yang menginfeksi sel bakteri, yang di kenal juga sebagai “Bacteriophage. ” Type virus yang membunuh sel bakteri ini di kenal juga sebagai “Virulent Bacteriophage”, sedang type virus yg tidak membunuh sel bakteri di kenal juga sebagai “Temperate Bacteriophage”. Ini yaitu satu ke Maha Kuasaan Allah, Maha Suci Allah, untuk bikin semua suatu hal di alam semesta ini berpasangan, hingga, cuma Allah, hanya satu, yg tidak mempunyai pasangan. Dengan hal tersebut, Allah membuat laki-laki serta wanita, siang serta malam, positif serta negatif, seperti Allah membuat bakteri serta “Bacteriophage. ” Cuma Allah yg tidak mempunyai pasangan.

Allah Yang Maha Kuasa, memberi lalat kekuatan untuk membawa kuman pada salah satu sayapnya serta obat penawar pada sayap yang lain. Bila tak, spesies lalat bakal binasasekarang, seluruhnya terserang kuman ini. Tetapi, lalat-lalat itu masih tetap ada di kian lebih 87. 000 spesies.

Lalat membawa virus dari banyak penyakit, yang lalu mencemari makanan, minuman serta badan. Penyakit yang disebabkan oleh virus seperti flu, campak, gondok, cacar, kutil, demam kuning, penyakit hati menular, sebagian masalah kelumpuhan, sebagian type kanker, serta sebagian penyakit kritis dari system saraf pusat termasuk multiple sclerosis.

Virus juga mengakibatkan banyak penyakit pada ternak, seperti pada domba, burung, dan bebek yang bisa masuk ke badan manusia lewat hewan yang terinfeksi itu. Sebagian tanaman seperti kentang, tomat, pisang serta tebu dapat juga hancur oleh infeksi virus.

“The Virulent Bacteriophage” membunuh sel bakteri yang menyerang kurun waktu yang sangatlah singkat. Sesaat “Temperate Bacteriophage” melindungi sel bakteri untuk terus hidup. Hal semacam itu sejenis kekebalan pada virus yang sama serta atau membuahkan virus yang sama. Hal semacam ini menuturkan kenapa lalat membawa patogen pada salah satu sayapnya serta obat penawar pada sayap yang lain.

Sekumpulan peneliti Muslim di Mesir serta Arab Saudi lakukan sebagian percobaan pada wadah tidak sama yang diisi air, madu serta juice. Mereka membiarkan type cairan itu dihinggapi lalat. Lalu mereka tenggelamkan lalat di sebagian wadah ini. Kontrol mikroskopis tunjukkan bahwa cairan yg tidak ada lalat ditengelamkan memiliki kandungan banyak bakteri serta virus, sesaat wadah yang lain dimana lalat betul-betul ditenggelamkan tak ada bakteri serta virus.

Penemuan bahwa ada penangkal untuk patogen, serta bahwa ada beragam type bakteri serta “Bakteriofag”, baru di ketahui pada dekade paling akhir era ke-20.

Sedang Nabi menyinggung masalah ini 1400 th. waktu lalu, saat manusia nyaris tidak paham perihal kenyataan-fakta ilmu dan pengetahuan moderen. Tetapi, type info yang akurat seperti ini, bahwa salah satu sayap lalat membawa penangkal patogen yang dibawa oleh sayap yang lain, cuma dapat datang dari Wahyu Ilahi yang di ajarkan pada Nabi oleh Allah SWT. Subhanallah…



sumber :tribun.club
Lalat Jatuh Pada Minuman, Tenggelamkan, Angkat Dan Minumlah Lalat Jatuh Pada Minuman, Tenggelamkan, Angkat Dan Minumlah Reviewed by Unknown on 9:05:00 PM Rating: 5

No comments

tokoone