Berhati - hatilah Jika Pandangan Buram Dalam Jarak Tiga Meter, Segera Periksa ke Dokter

 tes kesehatan mata

Kebutaan selama ini dianggap sebagai ketidakmampuan mata dalam melihat, layaknya yang dialami penyandang tuna netra. Namun, menurut dokter spesialis mata dari Komite Mata Nasional, Aldiana Halim, SpM, seseorang bisa dianggap buta jika tak mampu melihat objek dengan jelas atau buram dalam jarak tiga meter.
 
"Kebutaan dapat didefinisikan sebagai kemampuan terbaik mata dalam melihat benda secara tajam pada jarak tiga meter," kata Aldiana pada peringatan Hari Penglihatan Sedunia belum lama ini.

Dengan pengertian ini, dia mengajak masyarakat untuk mendeteksi dini kebutaan sehingga bisa segera diatasi dengan bantuan alat koreksi mata atau kacamata.
"Coba minta teman untuk berdiri sejauh tiga meter dari diri kita. Lalu minta dia untuk menunjukkan angka dengan jari minimal empat kali. Kalau empat kali tidak bisa menebak dengan benar, maka Anda tergolong kateegori buta," ujarnya.

Jika tergolong buta usai dideteksi dengan metode ini, Anda bisa memeriksakan kondisi mata ke dokter untuk dilakukan penanganan yang sesuai, baik dengan pemberian alat koreksi mata atau tindakan medis tertentu.

"Dengan deteksi dini maka kita bisa mengembalikan kebutaan dengan sangat mudah salah satunya dengan memakai kacamata. Orang yang mengalami kebutaan karena katarak juga bisa diintervensi dengan operasi mata," katanya.


sumber : suara.com
Berhati - hatilah Jika Pandangan Buram Dalam Jarak Tiga Meter, Segera Periksa ke Dokter Berhati - hatilah Jika Pandangan Buram Dalam Jarak Tiga Meter, Segera Periksa ke Dokter Reviewed by Unknown on 10:52:00 PM Rating: 5

No comments

tokoone