Jangan sampai Terlewatkan, Ini 6 Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar


portalberita – Ramadhan sudah memasuki fase akhirnya. Semakin ke sini, Ramadhan yang disebut juga sebagai bulan suci, semakin menunjukkan keistimewaannya. Seperti diketahui dari banyak periwayatan, di malam ke 20 atau sepuluh malam terakhir Ramadhan, akan ada malam seribu bulan, yakni Malam Lailatul Qadar. Dipercaya, malam ini adalah malam yang penuh berkah. Tentu hanya orang-orang yang taat dan sungguh-sunguh yang bakal mendapatkan malam ini.

Tak ada yang bisa memastikan kapan malam Lailatul Qadar. Itu merupakan rahasia Allah SWT. Hanya saja, dari berbagai riwayat, disebutkan sejumlah tanda-tanda turunnya malam Lailatul Qadar. Berikut 6 Tanda-tandanya yang dirangkum pojoksatu.id:

1. Malam Lailatul Qadar berada di 10 malam terakhir Ramadhan
Rasulullah saw. tidak menyebutkan secara khusus, kapankah lailatul Qadar tiba. Meskipun demikian, beliau memberikan panduan agar umat Islam mencari malam tersebut pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Sabda Rasul, “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” (H.R Bukhari).

2. Malam Lailatul Qadar ada pada malam-malam ganjil
Merujuk pada sabda Rasulullah SAW itu, banyak yang meyakini bahwa malam Lailatul Qadar akan terjadi pada malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir Ramadhan, yaitu pada malam 21, 23, 25, 27, dan 29 Ramadhan. Namun lagi-lagi, malam Laliatul Qadar merupakan rahasia Allah SWT bagi umatnya yang taat dan bersungguh-sungguh mendapatkan limpahan rahmat-Nya di bulan suci.

3. Malam Lailatul Qadar adalah yang indah
Rasulullah saw. bersabda, “(Malam) Lailatul Qadar adalah malam yang indah, cerah, tidak panas dan tidak juga dingin.”

4. Setelah Malam Lailatul Qadar, matahari tanpa sinar
Dari Abi bin Ka’ab, disebutkan bahwa Rasulullan SAW bersabda bahwa; “Subuh hari dari malam Lailatul Qadar matahari terbt tanpa sinar, seolah-lah mirip bejana hingga mata hari nai.” (HR. Muslim)

5. Malaikan menurunkan ketenangan
Malam Lailatul Qadar penuh berkah dan hidayah. Pada malam ini, para Malaikat menurunkan ketenangan sehingga para ummat manusia yang beribadah malam itu mendapatkan ketenangan, keteduhan dan kenikmatan dalam beribadah.

6. Terbawa mimpi
Umat Islam bisa saja mendapatkan Lailatul Qadar melalui mimpi, seperti yang dialami Rasulullah Muhammad SAW dan para sahabatnya. Jika bermimpi melihat malam Lailatul Qadar dan hati merasa tentram dan tenang, Insya Allah mimpi itu adalah pertanda datangnya malam Lailatul Qadar.


sumber : forumdotcom
Jangan sampai Terlewatkan, Ini 6 Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar Jangan sampai Terlewatkan, Ini 6 Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar Reviewed by Unknown on 3:02:00 PM Rating: 5

No comments

tokoone